1249878313_IMG_8155Sektor usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu sektor  real yang langsung menyentuh masyarakat. Pada saat krisis ekonomoi sektor UKM malah sebagai penopang ekonomi yang dapat menggerakkan perekonomian nasional. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) UKM tumbuh dengan pesat dengan berbagai macam produknya.

 

 


            Tumbuhnya UKM di DIY ini bukan tanpa tantangan masalah dan hambatan. Selain keterbatasan modal, pelaku di sektor UKM ini sering terkendala masalah pemasaran. Selama ini pemasaran yang dilakukan masih menggunakan cara pemasaran konvensional yang cenderung memiliki pangsa pasar yang sempit. Masyarakat juga masih awam dengan penggunaan internet (E-Commerce) untuk pemasaran yang lebih mendunia.

            Maka dari sinilah JogjaIT, komunitas masyarakat IT Yogyakarta ingin mensosialisasikan penggunaan E-Commerce sebagai media pemasaran untuk UKM melalui seminar singkat. Seminar singkat yang bertajuk “Membangunan E-Commerce Hanya dengan Waktu 1 jam” dilaksanakan dalam rangkaian Jogja Fashion Week yang dilaksanakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta (9/8). 

            Dalam seminiar ini sebagai pembicara adalah Jaeni, S.Kom dosen STMIK AMIKOM Yogyakrta yang juga merupakan anggota dari JogjaIT. Jaeni menyampaikan bebeberapa pentingnya penggunaan internet untuk melakukan pemasaran produk. “Prodak anda akan dapat dilihat dan dipasarkan ke seluruh dunia dengan menggunakan internet.” Kata beliau kepada para peserta seminar yang kebanyakan adalah para pelaku di sektor UKM.

           Jaeni memberikan beberapa alternatif dalam membangun E-Commerce untuk pemasaran produk. E-commerce dapat dibangun dengan menggunakan web yang dibuat sendiri dengan membeli nama domain dan hosting. Pengguanan nama domain harusnya singkat, mudah diingat dan mencerminkan bidang usahanya. Pada alternatif ini E-commerce dibangun dengan mengunakan biaya yang kurang lebih mulai ratusan ribu sampai dengan jutaan.

           Alternatif berikutnya dengan mengguanakan media Blog gratis. Dengan munculnya berbagai penyedia layanan blog gratis di internet, dapat digunakan sebagai mendia promosi produk. Dengan menggunakan media blog para pelaku sektor UKM dapat membuat E-Commerce dalam waktu tidak lebih dari 1 jam, bahkan 100% gratis. Produk-produk yang akan dipasarkan dapat dipajang di media Blog ini sehingga dapat di baca oleh para costumer dari berbagai penjuru dunia. 

logo_sunday_market_new jfw_logo

           Dengan adanya seminar singkat ini paling tidak para pelaku di sektor UKM dapat terbuka cakrawalanya dalam pemasaran yang lebih global. Pemikiran penggunaan internet yang cenderung dianggap tabu dan terkesan mahal dapat dirubah menjadi lebih familiar dan murah.MaSuk Dari http://www.amikom.ac.id/main/berita.php?page=seminar-singkat-membangunan-e-commerce-hanya-denga